Search This Blog

Monday, May 16, 2011

Harapan buat bangsaku

Di balik awan glap dan mendung kelabu, ada terang dan harapan baru
Jangan menyerah kau tak sendirian ku bersamamu

demikian cuplikan lagu harapan by Jflow & Guntur,, setelah melihat lagi videoclipnya, ada rasa bangga dan tersadarkan bahwa aku dikelilingi oleh orang2 luar biasa, no no no bukan membicarakan keartisan, tapi bicara soal orang-orang hebat yang mau peduli dengan sesamanya,,mereka yang lewat talentanya berbuat sesuatu bagi sesama, ada yang bikin lagu, ada yang bikin acara untuk pengumpulan dana, ada yang turun langsung ke tempat bencana untuk memberi bantuan, menghibur, menolong korban, mengajar, dan lain-lain.

Well manusia memang ga luput dari kesalahan, kadang kita salah bertindak, salah berespon, salah mengambil keputusan di suatu masa, namun bukan hak manusia lain untuk menghakimi dan lalu menilai hidup orang lain dengan nilai yang jelek sepanjang masa. People change, ya manusia bisa berubah jadi lebih baik, kalau Tuhan aja bisa kasih kesempatan untuk manusia bertobat, kenapa kita ga bisa kasih kesempatan untuk orang-orang lain di sekeliling kita untuk jadi lebih baik. at least dengan mata kepala saya sendiri saya liat ada seorang teman yang menurutku dulu kelakuannya super tengil hehehe (dalam penilaianku saat itu) nyatanya ia berkarya dengan hebat dan berubah jadi manusia yang lebih baik (lagi lagi dalam penilaianku)

menurutku orang hebat itu ga jatuh dari langit kayak superman atau ala mr. bean, tapi jadi hebat karena proses. akupun jauh dari hebat, sering bikin salah, sering ngerasa bertindak konyol, sering ngerasa sok tau juga, tapi selalu punya kesempatan untuk belajar dari kesalahan dan berubah jadi lebih baik. salah satu cara paling mujarab untuk belajar jadi lebih baik adalah belajar untuk menolong sesama. Banyak jalan menuju roma, banyak cara untuk menolong sesama, masalahnya biasanya satu mau apa ga, peduli apa ga.

Sekelam apapun keliatannya, selalu ada harapan kalau kita percaya. Ga peduli seberapa jeleknya omongan orang atau seberapa apatisnya sekeliling kita. Komunitas Cinta Indonesia yang kurintis bersama beberapa sahabat sudah berjalan cukup jauh mengingat awalnya ini adalah spontanitas,, perlahan lahan kami bertemu orang-orang yang mendukung komunitas ini dan mau berpartisipasi dalam setiap kegiatannya. Aku cuma ingin membuat perubahan walau keliatannya kecil, mungkin cuma semangat yang bisa ditularkan, semangat kepedulian terhadap sesama, semangat kecintaan terhadap tanah tempat kita dilahirkan, tinggal dan hidup di dalamnya. Aku percaya tindakan sekecil apapun bisa membawa perubahan. Tapi semuanya harus dimulai dengan tidnakan, ga cuma ngomong doang, dan aku memulai dengan diriku sendiri lewat komunitas ini.

Beberapa event yang kami buat ga jarang bikin kami super duper capek, menyita banyak waktu, tenaga bahkan uang. Kadang-kadang aku ngerasa ga enak sama sahabat-sahabatku yang super loyal yang puya visi sama untuk komunitas ini, tapi herannya mereka semua ga kapok, just like me :) malah selalu semangat untuk bikin event-event selanjutnya. Event Cinta bagi bangsaku menyambut kemerdekaan Indonesia di agustus 2011 kemarin salah satu contohnya. Capek banget nyiapinnya, tapi surprise banget dengan dukungan yang ada, dari mulai kawan-kawan artis, sampai dengan media. Sampai terharu banget ketika melihat liputan eventnya di beberapa media. Dalam sekejab rasa capeknya seperti hilang, berganti kebanggaan bahwa kami sudah berbuat sesuatu bagi bangsa, menularkan semangat nasionalisme.

Bicara soal nasionalisme ini juga, aku baru saja membaca habis buku nasional.is.me karya Pandji Pragiwaksono. Menurutku luar biasa, buku yang ditulis dengan passion dan pake hati! Yakin banget deh kalo tujuannya pasti bukan komersil, memang segala sesuatu yang dibuat pake hati pasti terasa beda. Bacanya waktu lagi di pesawat dalam perjalanan ke Bali dalam rangka perjalanan dinas, dan sukses bikin aku berlinang air mata, untungnya itu pagi hari jadi bisa pake sunglass buat nutupinnya :p dan buku itu membakar lagi semangatku untuk lebih lagi berkarya nyata buat bangsa.

Lihat juga sea games yang baru selesai, betapa prestasi para atlet adalah sesuatu yang pantas dibanggakan, dan betapa masyarakat indonesia mencintai bangsanya terlihat dari suporter yang menurutku cukup sportif dan tertib. Betapa bangsa Indonesia terutama generasi mudanya sedang berusaha untuk bergandengan tangan untuk membawa Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi di mata dunia. And i'm so proud that i'm a part of it.

Jadi sekali lagi,, di balik awan glap dan mendung kelabu, ada terang dan harapan baru,,, di balik setiap bencana dan masalah yang bertubi tubi menyerang bangsa ini, selalu ada terang dan harapan baru. Jadilah optimis bukan pesimis, semangat bukan apatis, dan mulai buat perubahan.

someday, ada cerita yang bisa diceritakan buat magnifico dan cucu cucuku,, perubahan yang terjadi kelak karena kami ikut ambil bagian di dalamnya, ga cuma ngomong,, tapi bertindak,, semoga semangat ini nantinya juga akan diwarsisi oleh mereka :)

No comments: